Yuk belajar dulu!

Assalaamualaikum! Selamat belajar PPTI ya! :)

1. Jelaskan fungsi menu History pada web browser! Uraikan langkah-langkah untuk melihat dan menghapus History pada web browser!
History di browser adalah fasilitas untuk mencatat dan menyimpan data sejarah penelusuran dan penggunaan internet kita, history ini bisa sangat bermanfaat jika kita ingin melihat situs mana saja yang pernah kita kunjungi. Fasilitas ini bisa kita manfaatkan untuk melacak kemana saja browser kita pernah menjelajah, ini jika komputer kita juga dipakai oleh orang lain.
Manfaat lain dari History ini adalah jika kita ingin mencari suatu informasi, dan informasi tersebut berada pada situs yang pernah kita kunjungi. Namun kita lupa alamat dari situs tersebut, dan kita lupa untuk
membookmark situs tersebut. Maka kita bisa memanfaatkan fasilitas history ini untuk mencari lagi situs tersebut.

Contoh menggunakan web browser= Google Chrome
1. Klik Gambar Setting pada pojok kanan atas
2. Pilih "HISTORY"
3. Pilih Edit Item yang ada di posisi kanan atas
4. Kemudian  "pilih all browsing data.."
5. Check list semua pilihan opsi yang ada (biar benar2 bersih historynya), Untuk pilihan waktu dapat dipilih sesuai keinginan anda. 
6. Close tab setting (jika tidak mau merubah settingan yg lainnya lagi)
7. Akhiri dengan Memilih "Done Removing Items"
2. Jelaskan fungsi Bookmark/Favorite pada web browser! Uraikan langkah-langkah untuk mengelola Bookmark halaman web favorit pada web browser!
Bookmark/Favorite digunakan untuk menandai suatu situs yang favorit kita. Ini sangat berguna, karena kita nggak perlu menulis lagi alamat dari website favorit kita.Lebih khusus untuk yang menggunakan PC pribadi.
  1. Klik tulisan bookmarks di sidebar browser --> klik oganize bookmarks 
  2. Setelah itu kita menuju ke bookmark toolbar
  3. Klik organize dan Klik New Folder untuk membuat Folder baru untuk kumpulan bookmark kita
  4. Name dan Description silahkan diisi sesuai yang anda inginkan
  5. Kemudian cari situs-situs yang ingin anda bookmark. Klik kanan pada situs tersebut dan klik bookmark this page
  6. Pada kotak isian folder isi dengan folder yang tadi anda buat.
  7. Klik done.

3. Apakah yang dimaksud dengan Add-ons pada web browser Mozilla Firefox? Sebutkan 2 contoh Add-ons Extensions Firefox yang termasuk dalam kategori Privacy and Security dan jelaskan fungsinya masing-masing!
Add-ons untuk Firefox adalah modul-modul tambahan/pelengkap yang berfungsi untuk mempercantik tampilan,ataupun untuk memudahkan jenis-jenis pekerjaan tertentu di browser ini. Karena jumlah dan fungsi setiap add-ons untuk Firefox ini juga tidak sedikit, mencapai ribuan add-ons. Contohnya yang ada di kategori Privacy and Security:
Element Hiding Helper for Adblock Plus
Melawan iklan  teks! Elemen Hiding Helper adalah ekstensi pendamping untuk Adblock Plus dimaksudkan untuk membuat membuat aturan elemen bersembunyi lebih mudah. Dengan syarat ntuk menginstal Add-on ini, Adblock Plus harus terinstal terlebih dahulu.
WOT - Know Which Websites to Trust
Add-on ini menambah keamanan lebih untuk browser ini! Hal ini dapat menyaring situs Web tentang 4 hal: Trustworthiness (situs aman atau tidak), Vendor Reliability (aman untuk berbelanja atau tidak), Privacy (aman untuk privasi Anda atau tidak), dan Child Safety (aman untuk anak-anak Anda atau tidak).

4. Apakah yang dimaksud dengann RSS Feeds? Jelaskan fungsinya pada aktifitas browsing Internet! Sebutkan 1 contoh aplikasi RSS reader dan uraikan langkah-langkah contoh penggunaannya!
RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol;
§  Rich Site Summary (RSS 0.91)
§  RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
§  Really Simple Syndication (RSS 2.0)
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara.
Contoh aplikasi RSS Reader seperti berikut: RSSOwl | RSS / RDF / Atom Newsreader 1.2.2 dan FastTrackNews
 

5. Email Filtering adalah merupakan istilah untuk menyaring email- e-mail yang masuk. E-mail yang masuk ke mailbox Anda terkadang perlu untuk disaring agar dapat dibaca dengan lebih nyaman.
Cara membuat filter di Email Yahoo!
1. Silahkan masuk ke email Yahoo! anda. Kemudian bagian kanan atas klik menu Options lalu pilih More Options. Anda akan masuk ke halaman option.
2.  Klik menu Filters, kemudian klik Add Filter untuk membuat filter baru.
Sebagai contoh, kita akan membuat filter untuk memisahkan email notifikasi dari Twitter yang akan disimpan pada folder khusus di email Yahoo! anda.

3. Isikan Filter Name dengan “Twitter” (tanpa tanda petik), kemudian isikan Sender dengan “Twitter” (tanpa tanda petik), artinya email akan dipisahkan jika pengirimnya adalah Twitter. Selanjutnya pilihan Move to Folder pilih [New Folder]. Jika sudah klik tombol Save Changes di bagian atas.Sebelum filter tersimpan akan ada pertanyaan untuk nama folder yang akan digunakan untuk memisahkan email sesuai filter. Isikan namafolder, misalnya “Email Twitter” lalu klik OK.
4. Anda telah berhasil membuat filter baru, untuk melihat hasilnya silahkan kembali ke halaman email anda dengan mengklik tombol Back to Mail.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Good Morning!

Ciee yang maba!

Tiring Days but Meaningful