Dzikrullah

Assalaamualaikum! I'm soooo glad! Akkhirnya bisa posting lagi setelah sekian lama :) Oh ya did you realize that our precious month was passed by? Ramadhan udah lewat.. Bener-bener kerasa cepet banget!! Semoga aja kita termasuk orang-orang yg beruntung masih bisa dipertemukan Ramadhan tahun depan. Aamiin. Btw, Taqabbalallahu minna wa minkum!

Pas lebaran banyak banget kejadian yang blm ane posting nih. Ada TPA, Pesantren Ramadhan daaaan lain-lain. Tapi sekarang ane mau bahas sesuatu nih. Yaitu tentang dzikir, alias mengingat Allah! Wetsss.. topik ini ga berat kok. Ane dapet pas lagi halaqoh sama Ustadzah Leny. Semoga aja bisa manfaat buat kita semua! Oke?

Kata "dzikr" menurut bahasa artinya ingat. Sedangkan dzikir menurut pengertian syariat itu, mengingat Allah SWT dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepadaNya. Kita diperintahkan untuk berdzikir kepada Allah biar kita inget sama kekuasaan dan kebesaranNya, jadi kita bisa terhindar dari penyakit sombong. Tapi dzikir itu bukan cuma di lisan aja. Kita harus melibatkan hati! Jadi ga cuma subhanallah, alhamdulillah, allahu akbar dengan kecepatan 100km/detik (lebay) langsung ngacir entah kemana.. dihayatin dong, hehe! Sama-sama belajar yah :) Saking pentingnya dzikir, maka perbedaan orang yang berdzikir sama yg nggak tuh kaya orang yang hidup dan mati!

Kalo kita udah sering dzikir dengan sebenar-benarnya, ga cuma di lisan aja kita bakal jadi orang yang optimis, insya Allah. Kenapa? karena kita pasti yakin kalo Allah itu pasti memberikan yang terbaik untuk kita. Allah tidak akan pernah menzolimi hamba-Nya. Jadi kalo selama ini kita ngeluh berarti kita nggak yakin sama Allah! Astaghfirullah.. saya juga masih nih sering ngeluh, kalo gitu mari ubah perlahan-lahan.

Dan lagi, orang yang berdzikir akan sukses entah di dunia atau di akhirat kelak. Masalah pun bisa selesai, ia yakin bahwa selalu ada pertolongan Allah. Maka dzikir harus dikuatkan dengan keyakinan juga!

Ini ada sebuah cerita, nyata pastinya. Langsung dari Ustadzah saya. Tentang pertolongan Allah itu DEKAT.
Jadi, waktu ustadzah masih mahasiswi dan udah tahun terakhir. Saatnya bikin skripsi. Dan yang namanya dosen pembimbing itu susaaaaaah banget dicarinya. Padahal tinggal tanda tangan pengesahan doang! Suatu hari Ustadzah sama temen-temennya tuh nungguin pak dosen nya udah lamaaaa banget. Akhirnya, seperti pada kontes-kontes. Beberapa teman ustadzah mundur. Karena capek kelamaan nunggunya.

Ustadzah juga sempet bimbang, mau ikutan mundur kaya temen-temen lainnya. Tapi tiba-tiba seorang temen ustadzah bilang..
"Jangan pergi dulu yuk, siapa tau sebenernya kita udah dekaaaaat banget, mungkin tinggal beberapa centi lagi dari tujuan kita. Disini dulu aja ya.."
Sempet geregetan sih, soalnya emang udah lama banget nunggunya. Tapi tiba-tiba...
"Lho, kalian sedang apa masih disini?" AKHIRNYAAAAA PAK DOSEN YANG DITUNGGGU BENAR2 DATANG! Ustadzah langsung sms temen-temen yg mundur dan ngabarin kalo dosennya udah ada! Tapi ternyata pak dosen itu buru-buru. Jadi yg dapet tanda tangan beliau cuma Ustadzah sama.. temennya yang optimis tadi. Dan mereka yang diwisuda duluan..
"Jangan pergi dulu yuk, siapa tau sebenernya kita udah dekaaaaat banget, mungkin tinggal beberapa centi lagi dari tujuan kita. Disini dulu aja ya.."

Menurut saya cerita ini benar-benar inspiring. Kuncinya optimis dan yakin bahwa pertolongan Allah mungkin sudah dekat.. dekaaaat sekali. Tapi kitalah yang ga sabar duluan.

28. (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.


Semoga ada manfaatnya! Wassalaamualaikum..

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Good Morning!

Ciee yang maba!

Tiring Days but Meaningful