Short Story


Antara Mendung dan Bias Pelangi
By: Hana Septi Ariani

“Bi, gue ga ngerti sama matematika hari ini.. Ajarin gue ya?”

“Boleh aja sih. Nanti gue ke rumah lo deh kayak biasanya..”
“Sip, gue tunggu ya Bi!”
***
Kenalin, nama gue Bian Zayyas. Panggil aja Bias. Nggak kerasa, ini sudah tahun ketiga gue berada di sekitar lawan bicara gue barusan. Seorang perempuan istimewa, namanya Lanti.
Gue bukan pacarnya, namun lebih spesial dari itu. Gue bisa dibilang, ehm sahabatnya. Kalo banyak diantara kalian yang nggak percaya bahwa laki-laki dan perempuan bisa murni sahabatan, kalian harus tahu kalau statement tersebut..... sialnya benar. Dan dalam kasus ini, gue yang jatuh duluan.
***
“Bi, lo harus tau kalo si Kuci akhirnya melahirkan! Gue seneng banget, habis kemaren tuh kaya kesakitan, gue ga tega liatnya.. Alhamdulillah deh blablabla..”
“Yaudah, ini nomor duanya dilanjutin dulu”
“Yah Bias, gak asik ah!”
Sebenarnya, gue selalu seneng kalo denger Lanti cerita. Tentang apapun. Meskipun gue nggak selalu tertarik dengan dunia perkucingan. Gue rela deh dengerin, asal jangan dikasih cemilan Whiskas aja sih.. Oke, ini gak lucu.
***
Gue gatau harus sampai kapan gue memendam rasa kayak gini. Nyesek banget. Tapi jujur, gue ragu. Karena selama ini dia masih selalu cerita tentang mantannya ke gue. Kenapa sih, masih aja ada bayang-bayang mantan segala? Dia nggak sadar, ada gue disini..

***
“Bi, lo harus jujur sama gue” Suatu siang Irfan, sahabat gue ngomong rada serius..
“Jujur apaan Fan? Apa sih yang lo belum tau dari gue?” kata gue sok tenang. Jangan-jangan dia mengendus sesuatu nih..
“Hmm. Lo suka sama Lanti kan?”
“Hah, mana ada? As you see, We’re just friend faaaan”
“Lo mau berkelit kayak apa, mata lo ga bisa bohong, Bi. Terserah. Mau lo pendam sampai kapan? Kalo kelamaan, bisa ngancurin lo dari dalam lho. Coba aja lo liat duren, kalo kelamaan dipendem aja jadi busuk kan? Gak enak lagi… Gue kasian ngeliat lo kaya gini terus..”
“Emang keliatannya gitu, Fan?” Akhirnya ada yang mengetahuinya.
“Emangnya kita baru kenal? Jelas banget, Bi. Kalo kata gue, bilang aja ke Lanti. Daripada lo nyesel,”
I know the time will come. At least I’ll let my heart speak. Ayo Bias, bener juga. Mau sampai kapan?
***
Esok sorenya, Lanti ngajak ketemuan.
“Bi, I’ve already decided” Katanya riang. Hmmm… apaan yang di-decide? Gue kan belom bilang apa-apa…. Aduuuuh Bias, lo kenapa sih? Fokus oi, fokus!
“Hah? Mutusin apaan?”
“Kuliah Biiii. Gue fix mau ngelanjutin di Jerman”
Dhuarrrrrrr. Gue gatau apa yang harus gue katakan kemudian.
“Lan, lo serius? Sama keputusan lo ini? Lo udah mikirin mateng-mateng? Nanti….”
“Bi, dulu kan kita udah pernah ngomongin soal ini. Lo katanya sempet ada wacana mau keluar juga? Jadi nggak? Temenin gue Bi?”
Haduh. Anak ini. Macem ngajak ke Dufan. Gampang bener….
Gue tersenyum getir.
“Lan, dan lo juga pasti udah tau kalo nyokap gue nggak ngizinin…”
“Gue tau Bi, tapi gue cuma tanya sekali lagi.. Karena gue pasti bakal kesepian banget tanpa lo disana”
“Gimana sama Rekha? Lo udah bilang ke dia?”
“Nanti lah Bi, gue baru deket lagi kan sama Rekha. Gue mau nikmatin kebersamaan gue sama dia yang tinggal sebentar lagi. Gue akan kasih tau dalam waktu dekat. Ah tapi tenang aja Bi, gue ga ngarep apa-apa. Mantan ya udah mantan aja..”
Are you sure with your words? Your eyes tell me that you still want him back, Lan..” Tusuk gue.. tusukkkk!
“Nggak Bi. Nggak.”
Gue tahu, ada kepura-puraan dalam raut wajahnya. Seperti gue sendiri yang berpura-pura bahwa gue baik-baik saja.
***
Malam itu gue merasa mantap. Gue harus bilang ke Lanti tentang perasaan yang udah memakan waktu sekian lama ini. Secepatnya. Gue ngerasa lagi bawa bom. Bom waktu yang sebentar lagi bakal meledak.
I’ll let her know… I’ll tell her.
***
“Lanti, dengerin gue ya. Lo jangan motong dulu perkataan gue sedikitpun o…”
“Bi..”
“Tuhkan elo motong….”
“Hehehe cuma ngetes kok. Lanjutin aja, gimana?” Kampret.Gue jadi males woi!
“Jadi gini, sebelum lo mengudara jauh ninggalin gue dan kota ini, gue mau lo tau bahwa lo udah nebarin bibit perasaan ke gue. Dan salahnya, gue ngebiarin perasaan itu tumbuh dengan suburnya. Sialnya lagi, gue baru sadar apa nama perasaan itu, Lan.  Kalo kebanyakan orang bilang sih namanya cinta. Kampret nggak sih? Gue harus kasih tau lo karena lo yang nabur bibitnya, pas gue ga sadar…”
“Lo ngomong apaan sih Bi? Sejak kapan gue alih profesi jadi petani”
“Lan, please…  Gue lagi serius ini ceritanya”
“Hahahaha Bi, makasih banyak. Gue tersanjung. Tapi apa yang harus gue lakukan buat lo?” Oh girl, I’m not kidding..
Will you stay by my side, Lan? More than just my friend, of course.”
Kali ini dia yang terdiam. Kami larut dalam hening yang panjang.
***
Halo Bias,
I’ll go for a week, maybe to find the answer of your question. Jujur Bi, gue pernah ngerasa, kalo lo adalah seseorang yang paling baik buat gue. Tapi hati ini masih ragu, mungkin ada bayangan yang belum mau diusir. Entah karena gue yang membiarkannya tetap ada atau gimana. Ia datang sebelum lo, Bi. Tapi plis, tunggu gue ya. Biarin gue mikir.
Sincerely,
Lanti.
***
Beberapa bulan kemudian..
Hai, ini hari keberangkatanku ke Jerman. Semua teman ikut mengantar kepergianku. Ah, sungguh mengharukan. Kami saling berpelukan. Tapi aneh, di Bandara yang begitu ramai, aku tetap merasa hampa meski dikelilingi banyak orang. Kenapa?
Ya. Karena Ia tak ada disini. Ia tidak datang. Jelas sekali aku mengharapkan kehadirannya.
***
Telepon malam hari..
“Lan, lo harus hati-hati ya disana. Makan yang teratur, sholatnya dijaga. Lo harus bisa kejar cita-cita lo dan gue juga akan berusaha biar jadi orang sukses. Terus kita ketemu lagi deh nanti”
Aku hanya diam menahan tangis yang tertahan.
“Bi.. Gue jahat nggak sih Bi.. Maafin gue ya…”
“Kenapa minta maaf Lantiiiiii…. Udah lah, seenggaknya gue lega dengan semua yang udah terjadi ini. Gue lega seenggaknya udah kasih tau ke elo. Berarti gue laki kan? Hahaha”
“Iya Bi, gue seneng banget bisa punya temen kaya lo.. Seandainya Rekha nggak ngajak gue buat balik…”
“Ssst.. ga baik ah, berandai-andai. Apapun yang terjadi sekarang, ini udah yang paling baik buat kita. Good luck ya disana. Aufwiedersehen! Eh, bener nggak sih?”
“Hahahaha Bias… Gue bakal kangen banget sama lo”
“Yaudah. Hati-hati ya. Maaf gabisa anter”
Klik. Telepon Ia tutup.
Di sebrang sana, seorang lelaki berjanji. Bias, lo harus lebih hati-hati dalam menjaga hati.
***
Kenangan itu berkelebat di Ruang Tunggu.
Oh God, I know. Regret always comes later. Kenapa harus sekarang? Gue harus telfon Bias… Gue harus bilang ini ke dia…
“Hal..”
“Bias ini gue Lanti. I will Bias, I’ll stay by your side. Maaf, gue terlalu egois untuk membiarkan lo pergi. Gue masih sama Rekha, tapi gue ga mau lo ngejauh. Gue sekarang sadar Bi, siapa yang bener-bener gue sayangin.. Jarak ga jadi masalah Bi..”
“….”
“Please Bi… Gue gatau harus gimana lagi. Gue minta maaf gue udah jahat sama lo..”
“Lanti, dengerin ya. Gue nggak merasa lo salah, dan gue ga marah sama lo. Gue bersyukur waktu itu lo jujur dengan perasaan lo. Seandainya lo sama gue tapi yang dipikiran lo tetep orang lain, yang kaya gitu malah nyakitin. Gue gamau hal itu terjadi. Sekarang, lo konsen dulu ya sama kuliah lo. Maaf banget, gue ga bisa nti untuk meminta lo kembali.. Jadi kita tetep temen aja, bisa kan?”
Klik. Semua sudah jelas.
***
Telfon di tutup.
Biar deh.. saat ini, hati sudah gue tata rapi. Gue udah mengikhlaskan dia pergi. Jadi rasanya aneh aja, pas dia memaksa buat masuk lagi.
Maaf nti, sebenernya nggak segampang itu ngelupain lo, tapi ini udah jadi keputusan gue. Setidaknya gue bisa terlihat tidak-terlalu-menyedihkan.
***
Are you Ok, young lady?”
I’m fine…thanks for worrying” Ya aku bohong. Mataku bengkak.
Time heals everything. I’m sure.” Kata seorang bule tua yang duduk disampingku.
Bias, aku ga nyangka. Kamu bisa lebih berarti dari Rekha. Aku sadar ketika semua sudah terlambat. Regret always comes later…
***
Di atas awan, seorang gadis masih bergelayut mendung.
Di atas rerumputan, ada lelaki yang bersiap menyambut bias warna... pelangi.
Akankah semesta menyatukan mereka kembali?
Well, only God knows how tomorrow will be like for him and her.
***

Sekali-kali nulis yang kayak gini. Terima kasih ya, sudah percaya buat cerita..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Good Morning!

Ciee yang maba!

Tiring Days but Meaningful