Ajaibnya kata-kata

Malam ini aku mau cerita.

Beberapa pekan lalu, akhirnya aku mengambil tes TOEFL. Berbekal nonton Netflix dengan subtitle bahasa inggris... "hmm kayaknya bisa listening-nya" wkwkwkwk sok sokan banget :') cuman yaudah akhirnya latihan soal-soal (walaupun banyak tidurnya) dan sampailah di hari ujian.

Saat kelas kami sedang serius mendengarkan percakapan yang ternyata sangat 'mblurek' atau ---aku bingung juga menggambarkannya--- tiba tiba percakapan di-pause. Ada peserta yang baru datang. Ketika masuk, masnya malah senyam senyum lalu gerakannya super lambat..... (mana mukanya kayak penyanyi dangdut inisial SJ) *HhhhhHh* ditengah kejulidanku tiba-tiba kasetnya diputar kembali langsung "Question number 3" oke fokusku buyar... apa ya jawaban pertanyaan sebelumnya wkwkwkwk ini hikmah pertama, mylov... jangan kebanyakan julid~ kalau listening walaupun ada yang terlambat soal akan langsung di-resume, ga akan diulang dari awal lagi *yaiyalaaah* ya maap waktu itu karena senyum mznya kujadi ingin !$%#$$##@ *lalu rugi sendiri* hehe. 

Lanjut structure -bagian ini di skip aja karena isinya tangis dan airmata wkwkwk :p. Kemudian soal reading. Aku adalah penganut baca pertanyaan lalu cari jawaban, jadi kata kuncinya dulu yang dicari.  *gausah baca semuanya xixixix* tetapi... ternyata aku dapat pertanyaan-pertanyaan analisis makanya harus baca juga ujung-ujungnya :"") yaudah setelah terseok-seok mengerjakan reading, sesi ujian berakhir, 

Nahhhhh sebelum kami pulang, kata pengawas: "Oh iya setelah ini ada sesi wawancara, tapi test ini sifatnya opsional. Jika ikut, ya nanti akan dimasukkan di sertifikat, namun di kolom yang berbeda dengan skor TOEFL Prediction-nya. Tidak wajib"

Kasak-kusuklah peserta ujian. Termasuk aku hehehe *nyari temen*. Sebagai orang yang gak mau rugi, rasanya pengen ikut gitu, karena sayang aja kan udah bayar tuh dapat sepaket tes, buat apa kalo ga nyoba. Akhirnya dengan sok kenalnya aku menghampiri mas-mas (1) yang sepertinya sedang bimbang juga.
"Mas, mau ikut oral test-nya ngga?"
"Saya ga persiapan sih, cuma agak penasaran. Nilainya dipisah nggak sih?"
"Kolom penilaiannya dipisah, nanti masnya dapet skor TOEFL misal 550. Yaudah. Nanti skor oral test-nya ada nilainya sendiri, ga menambah atau mengurangi nilai TOEFL prediction-nya mas" *gila gue meyakinkan bener jawabannya yak namanya juga usaha biar ada temennya WKWK*
"Nah tapi kalo jomplang gimana?" tiba tiba ada mas-mas (2) yang ikut nimbrung ngobrol.
"Iya mba daripada nanti hasilnya predictionnya tinggi tapi wawancaranya jelek malah ngerusak dong?" tiba-tiba ada mba-mba ikutan gabung. Lah ini jadi forum tiba-tiba wkwkwk. Yaudah deh akhirnya aku nanya ke bagian CS-nya yang ngurusin pendaftaran. 

"Pak, kalau mau ikut oral test dimana pendaftarannya?"
"Disini mba, tapi mba yakin?" 
"Kenapa tuh?"
"Ya kalau gak siap terus hasilnya jelek gimana? Kan nampil di sertifikat"
"...."

Aku jadi ciut. Bener juga ya, horor. Sayang kalo gabisa, jelek, ditampilin di sertifikat. Hmmm cuma kayaknya masih ada yang ganjel. Akhirnya aku tanya kedua temanku via chat (sumpah lama banget ya mau nentuin ginian doang LULZ) Jawaban keduanya sama: Ikut aja Han, sayang kalo ga ikut.

Hmmmm barulah aku merasa, yaudah deh kenapa engga kan....

Akhirnya dari sekitar 50 orang peserta tes, tersisa 8 yang mendaftar. Ketika menunggu, aku ngajak ngobrol salah satu mbak yang sepertinya sedang antri giliran oral test. Setelah kenalan aku mulai nanya-nanya:
"Mba, aku baru pertama nih, kayak gimana sih testnya? deg degan....  "
"Santai kok mba, kayak ngobrol biasa. Mumpung udah sepaket, sayang kalo ga ikutan. Tinggal pilih topik habis itu jawab aja sesuai pendapatmu. Santai kok, kan jadi bisa tau kemampuan kita hehe. Pasti bisa kok mbaa santai ajaaa."

Wow. Kata-kata itu bisa jadi ajaib ya.

Bener juga. Kalo takut hasilnya jelek, tau darimana? kan belum coba. Justru dengan dicoba --gimanapun hasilnya-- ya kan jadi tau kapasitas diri gitu gaksiii *wkwk* yaudah berhubung kali pertama, hajar ajaa~ wkwk.

Akhirnya hasil tesnya udah keluar. Aku jadi sadar bahwa....
masih harus banyak latihan speaking WKWKWK tapi aku bersyukurrrrr udah berani coba. Ga se-menakutkan itu. Poin ya biarin tercetak, kalo ga mau liat ya tinggal merem to yaaa *krik* wkwkwk

Hal paling penting: Aku semakin percaya sama ajaibnya kata-kata. 

Bisa menguatkan, walaupun diucapkan oleh orang asing (ataupun yang baru saja kita kenal).
Semoga kata-kata yang kita lontarkan juga bisa menjadi kekuatan untuk yang mendengarnya.
Bukan sebaliknya :')

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Good Morning!

Ciee yang maba!

Tiring Days but Meaningful